cara menggemukan badan… Cekidot gan!

Posted: December 10, 2010 in kesehatan

Cara Menambah Berat Badan Untuk Si Kurus

Terkadang menjadi “terlalu kurus” bisa sangat menyulitkan seperti halnnya masalah menjadi “terlalu gemuk”. Hal ini dikarenakan berat badan dan bentuk tubuh mempengaruhi perubahan dalam gaya hidup, termasuk diet, peregangan, dan perilaku yang mendukung kesehatan tubuh.

Selain itu, faktor keturunan juga mempengaruhi bentuk tubuh dan berat badan. Jika orang tuamu dan kerabat mayoritas bertubuh ramping, maka kamu akan cenderung akan ramping juga. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pandangan kamu tentang kurus, apakah kamu kurus karena memang benar kurang berat badan ataukah hanya sekedar perasaanmu saja dirimu tampak terlalu kurus. Dengan berkonsultasi dengan dokter, kamu akan bisa diberikan target yang perlu dicapai dan beberapa tips dalam menjalankannya.

Jika kamu ingin meningkatkan berat badan, makanlah makanan yang menandung biji-bijian, sayur, buah, produk makanan yang rendah lemak, makanan berprotein (ikan, buncis, dan kacang polong)
Kamu juga perlu menambahkan lemak dan gula untuk diet ekstra kalorimu. Saat kamu menambahkan lemak, pilih lemak yang ada di kacang-kacangan dan minyak. Saat menambahkan gula, pili makanan manis yang mengandung nutrisi seperti muffin, yogurt, pie buah, dan jus.

Memakan tiga kali sehari ditambah snack di antarnya akan menambahkan kalori untuk meningkatkan berat badan. Kamu tidak terlalu membutuhkan minuman berprotein atau shakes yang meningkatkan berat badan. Tapi ini bisa dia dilakukan jika kamu merasa kamu bisa memakan apa saja yang kamu mau.
Jika kamu memiliki berat yang ideal dan masih ingin menambah berat badan, lakukan olahraga yang bisa mengembangkan massa otot dan meningkatkan berat badan. Olahraga rutin sangat baik bagi keseluruhan kesehatanmu.

Kembangkan program latihan yang mencakup keselurahan kelompok otot dalam tubuh/ Teknik yang tepat adalah kuncinya. Pilih berat beban dan lakukan repetisi sebanyak 15-20 kali pada masa awal latihan. Setelah semakin sering menjalankan latihan rutin, cobalah lakukan satu set dengan 12 kali repetisi selama tiga kali seminggu.
Ingat, perubahan pada berat badan dan bentuk tubuh memerlukan waktu. Jika kamu ingin diet yang spesifik dan terarah dalam meningkatkan berat badan, berkonsultasilah dengan pakar diet. Selain itu, gunakan trainer pribadi dalam tiap latihanmu untuk mendapatkan pengarahan maksimal.

www.rileks.com

Cara Sehat Menaikkan Berat Badan Yang Dibawah Rata-rata

Mitos, minum susu jika ingin kurus??
Jangan minum susu sebelum tidur, atau jangan minum susu sama sekali. Anda salah jika mengira minum susu dapat menaikkan berat badan. Begitu banyak orang telah melakukan upaya menaikkan berat badan dengan cara minum susu tetapi gagal. Karena susu akan menurunkan nafsu makan. Saya justru akan minum susu dengan tujuan sebaliknya, yaitu untuk menurunkan berat badan.

Nutrisi :
cara makan saya sehingga bisa naik 10 kilogram adalah berhubungan dengan kebiasaan saya mengkonsumsi sayuran dan ikan. Sayuran mengandung mineral sedangkan ikan mengandung banyak protein. Mineral diperlukan oleh tubuh sebagai zat pengatur, dan protein sebagai zat pembangun.

Mineral membantu tubuh dalam proses penyerapan protein. sehingga meningkatkan PER (protein efficiency ratio). Bila keduanya dikombinasikan dalam menu makanan akan membantu tubuh memiliki cukup banyak protein untuk membangun sel-sel tubuh. Kelebihan protein dapat diubah oleh tubuh menjadi lemak. Sedangkan kelebihan vitamin dan mineral akan dibuang melalui air seni. Jadi, saran saya gunakanlah menu makan malam sayuran dan ikan.

protein efficiency ratio (per) :
per pada wanita lebih tinggi daripada pria, itulah sebabnya mengapa wanita
lebih mudah menaikkan berat badan dengan makan sedikit saja.

kebiasaan mengemil :
kebiasaan mengemil adalah cara yang cepat untuk menaikkan berat badan. Bagi mereka yang gemuk hal ini adalah kebiasaan yang harus dihindari agar mencegah terjadinya ‘overweight’ atau obesitas. Kebiasaan mengemil berasal dari rasa lapar yang terlalu sering. Baru makan sedikit, mau makan lagi. Baru cicip sedikit, mau cicip lagi. Baru sepotong, minta sepotong lagi.

Namun, bagi yang ingin menaikkan berat badan dengan cepat kebiasaan mengemil ini dapat membantu mencapai tujuan Anda untuk meningkatkan berat badan. Asalkan kebiasaan mengemil ini tidak menghilangkan waktu makan siang atau waktu makan malam.

Menurunkan berat badan memerlukan tekad :
Menaikkan dan menurunkan berat badan adalah sama sulitnya. Karena tubuh kita lembam atau malas dalam menerima perubahan. Masalah saya sekarang justru adalah memelihara berat badan yang ideal tetap pada angka 65 kilogram. Nafsu makan harus saya kurangi dengan cara minum susu, teh manis atau sari buah sebagai pengganti makan malam. Kebiasaan mengemil harus saya hindari dengan tegas. Saya menolak cemilan. Saya telah bertekad. Tak ada yang akan menghalangi saya menurunkan berat badan. Saya singkirkan makan malam dari pikiran saya dan tentunya dari meja saya.

menaikkan berat badan memerlukan nafsu/selera :
Saya bisa menaikkan berat badan 10 kilogram dalam tempo 2 bulan adalah karena selera makan saya yang berubah. Dari tidak suka banyak makan menjadi makan apa saja. Perlahan-lahan kebiasaan makan-apa-saja ini semakin meningkatkan kapasitas perut saya untuk menerima lebih banyak makanan. Perut saya bagaikan tong sampah yang bisa terus menerus diisi dengan berbagai makanan. Rasa lapar yang terus menerus membuat saya selalu menerima cemilan untuk dikonsumsi. Sehingga membuat saya kelebihan berat badan.

Meningkatkan nafsu/selera makan :
untuk menimbulkan rasa lapar yang terus-menerus itu adalah hal yang harus menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan berat badan. Nafsu makan bisa bertambah karena rangsangan. Rangsangan tersebut seharusnya semakin kuat terasa apabila tersedia berbagai cemilan yang lezat untuk dinikmati.

Apabila tidak ada rangsangan waktu melihat berbagai penganan, maka Anda memerlukan obat-obatan penambah nafsu makan. Namun disini saya tidak berjualan obat. Tetapi terus terang saya pernah mengkonsumsi obat yang efek sampingnya adalah nafsu makan bertambah. Saya menjadi cepat lapar. Setiap tawaran makanan ringan tidak mungkin saya tolak. Walhasil, berat badan saya meningkat dengan cepat.

Sumber : seksologi@yahoogroups.com
sumber blog :disini

10 Tips Menaikkan Berat Badan Ideal

Banyak dari kita yang mengalami problem dalam menaikkan berat badan ideal. Berat badan ideal bisa ditambah dengan meningkatkan massa otot, bukan lemak tubuh. Banyak yang sering salah arti dengan menaikkan berat badan berarti menaikkan jumlah lemak.

Biasanya setelah mencoba selama berbulan-bulan, makan sebanyak mungkin, latihan fitness yang ‘katanya’ sudah berat tetapi masih belum membuahkan hasil sama sekali, kita sudah mulai putus asa dan mengatakan kalau tubuh kurus kita adalah genetik atau sudah nasib. Kalau dalam 2-3 minggu belum ada hasil, PASTI ada yang salah.

Selain cara itu adalah cara yang salah, cara itu juga sangat tidak sehat karena lemak bertambah artinya kita mengkonsumsi energi lebih banyak dari yang kita butuhkan untuk aktivitas kita.

Coba cek tips di bawah ini buat yang selama 2-3 minggu ototnya blm naik-naik:
1. Sudahkan kita makan 5-6x sehari, porsi sedang, dan mengurangi junk food? Memakan junk food bukan saja menambah lemak tidak sehat tetapi juga bisa memperlambat metabolisme tubuh menjadikan tubuh tidak bisa bekerja secara sehat.

2. Makan karbohidrat dan protein LANGSUNG setelah selesai latihan. Hal ini diperlukan untuk mengantikan glycogen atau gula dalam otot yang habis sewaktu kita latihan. Dan proteinnya dibutuhkan oleh otot yang baru saja kita ‘rusak’ dengan latihan berat.

3. Makan real food(bukan suplemen) MAKS 1 jam setelah latihan

4. Minum multivitamin (ini keharusan buat yang mau nambah berat badan, karena vitamin B terutama, sangat membantu untuk mencerna nutrisi yang kita makan. Akan percuma makan banyak makanan tapi tubuh kita tidak bisa mencernanya dengan baik).

5. Latihan beban TIDAK MELEBIHI 1 jam. Dan kurangi cardio Anda. Latihan lebih dari 1 jam akan memboroskan kalori Anda. Anda tetap membutuhkan kalori untuk membangun otot-otot Anda.

6. Tidak melatih otot yang sama lebih dari 2x dalam seminggu

7. Sudah mengikuti 9-12 set per otot per sesi. Jangan melatih otot chest dengan seluruh alat di gym dengan asumsi semakin lengkap semakin baik. Gunakan hanya 3-4 alat masing-masing sekitar 3-4 set dan gunakan basic compound movement saja. No Isolation Movement.

8. 6-8 reps adalah suatu keharusan, tidak boleh sampai 12 reps. 6-8 reps tuh sudah failure.

9. Gunakan negatif reps. Setelah failure, dibantu oleh teman/spotter untuk angkat, dan kita tahan untuk turunnya. Variasikan negatif reps ini selama 2-3 minggu sekali.

10. Sudah menggunakan High Intensity Training untuk latihan beban. Yang artinya, istirahat pendek antar set, sekitar 1.5 – 2 menit. Dan angkat beban seberat mungkin. Contoh: buat yang tinggi sekitar 160-165, jgn bilang bench press 10kg kiri kanan sudah berat. Seperti itu tidak akan bisa menaikkan masa otot Anda. Kejar target minimal 25-30kg kiri kanan. Kalau blm mampu, naikkan perlahan2 tiap minggu sampai Anda mampu, kalau perlu, minta bantuan teman.

Sumber : Denny Santoso, S. Kom, SAC, Dip. CBA, Certified Sport Nutritionist
disini

Comments
  1. way4x says:

    tukeran link ya om didines

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s